Langsung ke konten utama

Mau jadi pembalap mobil profesional? Coba tips ini

Balap Mobil (dok. google)
Yes, kali ini saya akan membahas kiat kiat atau cara menjadi pembalap profesional. cara cara ini saya ambil setelah saya sering bertemu dan ngobrol dengan teman saya yang sudah menjadi pembalap Touring Car di Indonesia, dia sering mengikuti event balap seperti ISSOM dan lainnya. So, langsung aja yuk kita mulai

1. Belajar Teknik Dasar Balap
Belajar (dok. google)
Belajar di era digital sekarang menjadi lebih mudah, gimana tidak? semua semua yang kita cari sangatlah mudah ditemukan di internet. apapun itu. Nah, sesuai point yang pertama, Belajar Teknik Dasar Balap, yup, kamu harus mengetahui dan menguasai teknik dasar dari balap. apa itu cornering, apa itu heel & toe technique, apa itu left foot braking, apa itu apex dan lain lain. gunanya apa? gunanya, biar kamu ga bingung dengan istilah istilah di dunia balap, jadi kamu bisa paham apa yang dibicarakan sama race director kamu nantinya.

2. Bermain Racing Simulator
Bermain racing simulator (dok. google)
hah? main game? kok aneh? Jangan salah, semua pembalap Formula 1 sebelum latihan degan mobilnya, mereka menjalani yang namanya latihan simulator dan ada tesnya lho. alasan mereka memakai simulator adalah untuk pengiritan biaya, karena, kalau latihan pakai mobil sungguhan, mereka harus membayar sirkuit, maintance mobil, membayar crew dan lain sebagainya, belum lagi kalo ada accident, bisa nambah biaya kan? Nah, kalian juga bisa latihan pakai game simulator. game game simulator yang ada sekarang sudah hampir realistis kok, saya sendiri main juga kok haha. kamu bakal belajar bagaimana menghajar tikungan, cara overtaking yang baik, semua bisa kamu pelajari di game, feel yang di dapat game, sama seperti kamu menyetir mobil beneran.

3. Sering Bermain Go-Kart
Bermain Gokart (dok. google)
Bermain Gokart. kenapa harus Gokart? Gokart itu ibaratnya anaknya Mobil Formula, atau bisa juga disebut Mini Formula. Tapi enggak hanya formula, semua mobil basicnya dari sini. kamu bermain Gokart akan belajar cara mengambil cornering yang baik, cara menjaga RPM mobil tetap tinggi supaya tetep bisa ngebut walaupun lagi menghajar cornering. kalian juga akan merasakan yang namanya Body Roll dan G-force dan lain lain. itu semua akan ada dibalap mobil sungguhan nantinya. Jadi intinya, semua yang berhubungan dengan balap mobil, semua basicnya itu ada di Gokart. Jadi, jangan sampai ga latihan Gokart.

4. Nonton Event Balap
Menonton Event Balap (dok. google)
Nah, ini juga enggak kalah penting, Nonton acara balap. entah itu di TV atau secara langsung. Gunanya kamu menonton acara balap itu, kamu bisa mempelajari apa saja yang dilakukan para pembalap profesional. entah itu cornering, speeding, pitstop, overtaking, slipstreaming, apapun itu, semuanya kalian bisa ambil dan juga mungkin kamu bisa mengerti peraturan peraturan tentang balap, entah itu White flag, Blue Flag, Green Flag, Red Flag sampai Yellow Flag.

yup, itu beberapa tips dari saya, tips tips tersebut bisa berguna kalau kamu punya tekad yang tinggi dan dibantu dengan semangat yang enggak pernah putus juga. ingat, semua ada upside down di kehidupan, kalau gagal, coba lagi, coba terus sampai berhasil. tidak ada yang instan di dunia ini.

Penulis : Raynaldi Edo

Komentar

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Harrah's Cherokee 전라남도 출장마사지 Casino & Hotel is an 18-story skyscraper in Cherokee, North Carolina, U.S.A.. 창원 출장샵 View a detailed profile of the structure 부산광역 출장안마 289501 상주 출장안마 including further 안동 출장마사지 data

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Dasar Balap : Cornering & Racing Line

Cornering (dok. google) Dalam Balap, ada beberapa teknik dasar yang harus kamu pelajari, dari akselerasi, braking, cornering dan lain lain. ada banyak sekali teknik dalam balap yang bisa kamu pelajari, kali ini, kita akan membahas tentang Cornering dan Racing Line. Cornering 2 (dok. google) Cornering atau dalam bahasa indonesianya menikung, teknik ini adalah hal yang penting dalam balapan, tidak hanya tentang kecepatan, tetapi dalam balapan, kamu juga dituntut untuk bisa menghajar tikungan dengan kecepatan yang tinggi. ini adalah riset saya sendiri dari pengalaman saya dan juga beberapa dari referensi di internet. dalam hal menikung, hal utama yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari sirkuit dan karakter dari corner itu sendiri. Ada berbagai macam jenis corner atau tikungan dalam balapan, ada Hairpin, Chicane dan banyak lagi. setiap tikungan tersebut ada maksimal kecepatan. tidak hanya berhati-hati dalam menikung, tetapi pembalap juga dituntut menghajar corner dengan kecep

Indonesia yakin bisa menjadi Tuan Rumah MotoGP tahun 2019 !

Sketsa 3D Sirkuit Jakabaring (dok. speedweek) Sirkuit Jakabaring, itulah nama sirkuit yang digadang gadang bisa menjadi Sirkuit MotoGP untuk tahun 2019. Sirkuit yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan ini, direncanakan akan mempunyai panjang lintasan 4.311 Kilometer. Arsitek yang ditunjuk Pemerintah Sumatera Selatan untuk membangun Sirkuit Jakabaring adalah Hermann Tilke. Arsitek asal Jerman tersebut juga mempunyai proyek untuk renovasi Sirkuit Sentul, namun dikarenakan masalah waktu dan Sirkuit Jakabaring dipersiapkan untuk Asian Games 2018, Tilke memilih untuk mengerjakan Sirkuit Jakabaring terlebih dahulu. Sketsa Sirkuit Jakabaring (dok. google) Tetapi, Tilke mengungkapkan bahwa pihaknya kini sedang kesulitan untuk membangun Sirkuit Jakabaring, dikarenakan tata letak dari SIrkuit Jakabaring tersebut, yang dimana lokasi sirkuit bersebelahan dengan Danau. "Masalahnya adalah kemiringan dari sirkuit yang akan dibangun di sebelah venue mendayung untuk Asian Games